Portal Bangsa
ad

Bondowoso Kaya Home Industri, Hanya Kurang Publikasi

berita terkini
Kegiatan sentra industri kreatif bomerang di Blindungan Bondowoso
ad

BONDOWOSO,(portalindonesia.co.id)- Selain terkenal dengan kopi, Kabupaten Bondowoso ternyata sangat kaya akan sentra industri kreatif (Handy craft). Yang mampu menembus pangsa luar negeri. Beberapa pihak menilai minimnya promosi dan publikasi sebagai pemicu sehingga masyarakat sekitar banyak yang tidak tau.

"Salah satu contoh, bomerang. Industri rumahan ini mampu menghasilkan omset ratusan juta rupiah, Sampai hari ini, sangat banyak permintaan dan rata-rata dari luar negeri, kendalanya masih minim promosi dan publikasi," jelas Arif, Selasa (24/07) ketua Rumah Kreatif Bondowoso.

Menurut Arif, selain bomerang, ada gentong hias, yang tidak kalah menariknya, batik khas Bondowoso yang ada di tamanan.

"Banyak, kalau kita data dan yang sudah tercatat sebagai anggota kami, hampir 100 pengrajin industri rumahan. Semua rata-rata berpenghasilan lumayan," ujar arif menjelaskan.

Dirinya berharap, Pemerintah Kabupaten Bondowoso untuk lebih gencar lagi untuk melakukan promosi dan publikasi agar potensi yang ada di Bondowoso bisa lebih dikenal.

"Selama ini yang paling dikenal adalah kopi, padahal, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sangat potensi. Kita lihat Banyuwangi, menggandeng media massa secara maksimal untuk mengangkat potensi. Hasilnya, bisa dirasakan sekarang," tukasnya.

Anggota komisi 4 DPRD Bondowoso, Sinung Sudrajad menyambut gembira usulan dari ketua Rumah Kreatif.

"Tinggal bagaimana Pemkab Bondowoso giat mengenalkan dan mempromosikan potensi yang ada. Bondowoso kaya, apabila dikelola dengan sungguh-sungguh akan mendongkrak ekonomi masyarakat sekitar," tegasnya.

Reporter : Nur Fadilah
Editor : Alfiana Putri
ad
Berita Sebelumnya Memeras, Wartawan Gadungan Jember Ditangkap
Berita Selanjutnya Program Wira Usaha di SMK AL-Azhar Bangsalsari Jember

Komentar Anda