Portal Bangsa
ad

Antisipasi Lonjakan Penumpang Dishub NTB Adakan Pertemuan

berita terkini
Lalu Bayu Windya, Kepala Dinas Perhubungan NTB
ad

NTB, (Portal Indonesia) - Jelang arus mudik lebaran, Dinas Perhubungan Provinsi Nusa Tenggara Barat, sudah menyiapkan langkah antisipasi terjadinya lonjakan penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan NTB Lalu Bayu Windiya mengatakan, pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan dinas terkait untuk mempersipakan arus mudik lebaran.

"Alhamdulilah kita sudah kumpulkan semua pihak- pihak terkait mulai dari semua Kadis perhubungan kota maupun kabupaten se NTB , kemudian dirlantas, BMKG, PU, ASDP baik Lembar maupun kayangan Pototano , serta pihak kesehatan Jasa Raharja untuk membuat posko - posko," terangnya.

Tahun ini,  Dinas perhubungan  memprediksi lonjakan penumpang akan terjadi  15 hingga 20 persen baik melalui jalur darat, laut, maupun udara.

Meski begitu dirinya tidak serta merta khawatir, pasalnya dengan aramada yang sudah di sipakan akan mampu mengangkut seluruh penumpang.

 "Perkirakan kita lonjakan penumpang ada 15 sampai 20 persen baik yang  dari darat maupun udara,dan insya Allah akan terangkut semua," jelasnya.

Untuk Uji kelayakan atau istilahnya ramcek, Dinas Perhubungan Sudah melakukan uji sejak sebulan yang lalu. Dan nantinya apabila di katakan layak di gunakan maka akan di tempelkan stiker angkutan lebaran.

"Kita lakukan pengecekan ke beberapa kendaraan, namun  sekitar 20 % kendaraan itu harus diperbaiki. Dan yang sudah layak jalan akan kita tempelkan Stiker layak jalan untuk lebaran 2017 untuk kedaraan angkutan," tegasnya.

Selain itu, apabila dalam tes fisik itu terdapat kendaraan yang kurang atau diatas normal tidak akan diberikan beroperasi.

"Itu akan kita perketat. Kalau ada yang melanggar  akan dicabut semua," tuturnya.

Saat ini, jumlah armada yang sudah di sipakan provinsi sebanyak 66 unit , dengan jumah kapal Kayangan- Pototano yang beroperasikan sebanyak 23 dengan shift setiap 45 menit berganti Kemudian di pelabuhan Lembar ada 33 kapal.

"Dari ketersediaan ini akan mampu mengangkut penumpang yang jumlahnya diperkirakan melonjak 15-20 persen,"tutupnya.

Reporter : Lukmanul Hakim
Editor : Alfiana Putri
ad
Berita Sebelumnya Anggaran DD dan ADD Desa Kabupaten Sumenep Terancam Tak Cair
Berita Selanjutnya Program Wira Usaha di SMK AL-Azhar Bangsalsari Jember

Komentar Anda