Portal Bangsa
ad

Ambisi Pemkab Bondowoso Dapatkan Sertifikasi Organik Internasional

berita terkini
Munandar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso.
ad

BONDOWOSO, (portalbangsa.com) – Upaya Pemerintah Daerah Bondowoso dalam mendapatkan sertifikasi organik internasional, dan mengembangkan  pertanian organik dalam tahun ini terus digencarkan. Salah satunya dengan mencanangkan sepuluh hektar lahan organik di tiap kecamatan.

"Sebagai langkah perluasan dan pengembangan lahan pertanian organik, tahun ini Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso akan mencanangkan program Satu Kecamatan Sepuluh Hektar Lahan Pertanian Organik," jelas Munandar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, Jumat (24/3).

Sementara ini di Lombok Kulon terdapat 105 hektar lahan padi organik yang sudah mendapat sertifikasi nasional. Di Desa Taal Kecamatan Tapen ada sekitar 25 hektar pertanian organik yang juga mendapakan sertifikasi nasional.

Munandar menyampaikan, saat ini Dinas Pertanian sedang fokus pada perbaikan infrastruktur pertanian agar dapat segera mendapatkan serifikasi organik. Proses perolehan sertifikasi organik level internasional tersebut, kini telah 95 persen rampung. 

Untuk mendapatkan seritifikasi organik internasional, pihak Disperta Bondowoso telah mempersiapkan tenaga administrasi dan infrastruktur sesuai arahan Prof. Indah dan bimbingan konsultan organik Imam Suharto. Tak lupa juga suntikan motivasi juga diberikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Al Barokah, serta seluruh petani yang termasuk dalam areal pertanian organik.

”Proses untuk mengantongi sertifikasi organik internasional sudah hampir rampung. Dalam waktu dekat, sekitar akhir Maret, akan datang tim dari BIOCert ke Bondowoso untuk menguji langsung lahan pertanian organik”.

Ketika ditanya perihal pujian Presiden Joko Widodo kepada beras organik Lombok Kulon, Munandar mengaku senang dan bangga. Bahkan ia berharap Presiden Jokowi dapat berkunjung langsung melihat lahan pertanian pada organik yang kini telah digandrungi di pasar nasional maupun internasional itu.

Reporter : Chairul Anwar
Editor : Yuni Musyarofah
ad
Berita Sebelumnya Pendidikan Dini Bahaya Narkotika di Bondowoso
Berita Selanjutnya Program Wira Usaha di SMK AL-Azhar Bangsalsari Jember

Komentar Anda