Portal Bangsa
ad

Kembangkan Potensi Wisata Jember Lewat Pokdarwis

berita terkini
Wisata Air Terjun Anjasmoro, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember
ad

JEMBER, (portalbangsa.com) – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), untuk mengembangkan potensi wisata yang berada di wilayah Jember.

Hingga Maret 2017 sudah terbentuk tiga Pokdarwis. Pokdarwis Sumbersalak, Pokdarwis Sumberbulus dan Pokdarwis Tanoker. Diharapkan dengan dibentuknya Pokdarwis ini mampu lebih mengembangkan potensi wisata yang selama ini ada.

Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jember, M Satuki mengatakan, pembentukan Pokdarwis ini dimulai pada wilayah yang mempunyai potensi wisata yang bagus.

“Kita kasih penyuluhan, pelatihan. Nanti bagaimana mengembangkan tempat wisata tersebut dengan banyak cara, mulai pelayanannya gimana, pengelolaannya gimana, kemudian sinerginya dengan pemerintah kayak apa,” kata Satuki di lokasi penyuluhan Pokdarwis, dekat lokasi wisata Air Terjun Anjasmoro, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Rabu (22/3).

Satuki mencontohkan, jika dalam satu tempat wisata terdapat akses transportasi yang kurang memadai dan perlu perbaikan, pihaknya akan bekerjasama dengan pihak terkait untuk kemudian dilakukan perbaikan.

“Nanti potensi wisata ini kita kembangkan dulu, kita lihat bagus ndak, kita promosikan, lama-lama jalannya aksesnya kita perbaiki dengan dinas terkait misal PU (Pekerjaan Umum), kemudian di pedesaan dana ADD (Anggaran Dana Desa),” ujarnya.

Namun menurutnya, itupun pengelolaannya dikembalikan ke pihak desa dan Pokdarwis, “Terserah kreatifitas desa masing,” ungkapnya.

Dalam penyuluhan yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, pihaknya akan lebih mengedepankan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM), “(Pertama) SDM, kemudian sinerginya dngan pihak lain, nanti sistem pemasarannya,” tuturnya.

Sedangkan menurut Iwan Joyo Suprapto, Ketua Pokdarwis wilayah Sumbersalak, untuk meningkatkan potensi wilayahnya tak diperlukan banyak orang, sedikit namun efektif baginya lebih baik.

“Kalau pengalaman saya itu, kita nyari beberapa orang yang punya loyalitas tinggi terhadap desa. Saya Cuma nyari sepuluh orang yang di Pokdarwis Damarwulan, ini untuk yang mau bekerja tanpa pamrih,” kata Iwan.

Ia berharap dengan adanya pengembangan potensi wisata di wilayahnya, mampu meingkatkan taraf ekonomi masyarakat sekitar.

“Masyarakat bisa mengurangi pengangguran, terutama di Damarwulan, warga ikut berpatisipasi untuk menjualdagangannya,” ujarnya.

Namun Iwan juga menyayangkan ulah orang-orang yang tak bertanggungjawab dalam hal kebersihan di lokasi wisata,”Kesadaran dari masyarakat terutama untuk sampah, masyarakat kurang sadar, untuk membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Sebelumnya pada tahun 2016, Kabupaten Jember mendapatkan penghargaan Tempo Award kategori Potensi Pariwisata tingkat Nasional di tahun 2016. Adanya Pokdarwis yang sudah terbentuk, diharap lebih mendongkrak potensi pariwisata yang ada di Jember.

Reporter : Chairul Anwar
Editor : Yuni Musyarofah
ad
Berita Sebelumnya Siswa SDN Merak Situbondo Terancam Tak Bisa Lanjutkan ke SMP
Berita Selanjutnya Program Wira Usaha di SMK AL-Azhar Bangsalsari Jember

Komentar Anda