Portal Bangsa
ad

Harga Bawang Merah di Sumenep Anjlok, Petani Terancam Merugi

berita terkini
Petani saat memanen bawang merah
ad

SUMENEP, (portalbangsa.com) – Harga bawang merah di pasaran petani Sumenep, Madura, Jawa Timur anjlok. Pasalnya, saat harga dari jenis holtikultura saat ini hanya berkisar di harga Rp 20 ribu hingga Rp 22 ribu per kilogram.

Padahal sebelumnya, harga di tangan petani mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Salah satu petani, Busri Toha mengaku kecewa dengan harga yang diberikan pedagang untuk membeli bawang merah. Sebab, harganya tidak sesuai dengan harapan petani.

"Kami sangat menyesalkan harga bawang merah yang anjlok. Tidak sesuai dengan harapan para petani,” katanya kepada portalbangsa.com, Selasa (28/2).

Pria satu anak ini menuturkan, harga Rp 20 ribu hingga Rp 22 ribu per kilogram dipastikan tidak mencukupi biaya modal yang dikeluarkan. Sehingga, dipastikan petani merugi.

"Kalau harga Rp 30 ribu per kilogram, maka petani masih hasil dan bisa melebihi biaya produksi. Ini sudah bisa dikategorikan biaya ideal,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya meminta stackholder, termasuk pedagang dan pemerintah peduli terhadap petani bawang merah ini.

"Harusnya Pemkab bisa menekan pihak pedagang untuk menaikkan harga (di pasaran) petani, agar para petani tidak merugi,” pungkasnya.

Reporter :
Editor : Rudi Erlangga
ad
Berita Sebelumnya Oknum Wartawan dan LSM Ikut Nikmati Hasil Pungli Prona Situbondo?
Berita Selanjutnya Program Wira Usaha di SMK AL-Azhar Bangsalsari Jember

Komentar Anda