Portal Bangsa
ad

Sungai Banggerbung Sumenep, Diyakini Memiliki Kekuatan Mistis

berita terkini
Sungai Banggerbung yang diyakini oleh masyarakat setempat memiliki kekuatan miatis
ad

SUMENEP, (suarajatimpost.com) - Mungkin selama ini masyarakat tidak banyak yang tahu tentang sungai Banggerbung. Sungai yang memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri dibanding sungai pada umumnya.

Sungai Banggerbung terletak di perbatasan Dusun Buabu, Desa Longos, Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Atau kebanyak masyarakat setempat menyebutnya di daerah Gindaga, karena diambil dari sebuah nama sesepuh daerah tersebut.

Masyarakat setempat meyakini bahwa sungai Banggerbung memilki kekuatan mistis. Sebab sejarahnya, sungai Banggerbung dulunya memiliki lubang dalam air yang tembus ke salah satu tempat di perairan pantai Ponjuk des setempat.

Di sisi sungai terdapat gua dengan kedalaman satu miter lebih. Sedangkan batunya menelungkupi gua itu. Bahkan jika ditempati bisa muat satu orang dari permukaan air.

Sementara di tebing batu yang menelungkupi gua tersebut mengeluarkan air sehingga di ujung batunya meneteskan air yang dingin. Dan masyarakat setempat percaya air tersebut memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Menurut penuturan Sutrap (60) warga setempat, mengatakan bahwa di sungai Banggerbung dulunya terdapat Ikan kakap berwarna putih cemerlang. Namun beberapa dekade terkhir ikan tersebut hilang entah kemana.

"Dulu di sungai Banggerbung ada ikan kakap satu, warnanya putih, bahkan kalau di lihat dari atas tetap kelihatan," jelasnya, Jumat (02/09).

Ia menambahkan, dulunya di sungai tersebut sering dijadikan tempat untuk bertapa para sesepuhnya. Sehingga masyarakat tetap meyakini sungai Banggerbung memiliki kekuatan mistis.

Reporter : Nunung Alifia
Editor : Fita Nur Azizah
ad
Berita Sebelumnya PMII Sampang Tidak Terima Nama Lembaganya Tercatut Dalam Aksi Lekkaas
Berita Selanjutnya Program Wira Usaha di SMK AL-Azhar Bangsalsari Jember

Komentar Anda